Kurma Nabi. (Ajwa Dates)

Kurma Ajwa
Apa sih kurma nabi itu? Dan kenapa disebut dengan kurma nabi.
Kurma nabi adalah jenis kurma yang sering dimakan oleh Nabi Muhammmad Sallallahu Alaihi Wasallam yang dikenal dengan nama kurma Ajwa (Agwa). Dalam hadis riwayat Bukhari (kumpulan kesaksian masyarakat pada masa itu dan merupakan salah satu yang bisa dipercaya oleh para ulama dunia) disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk makan 7 (tujuh) butir kurma setiap pagi supaya terhindar dari terkena racun dan sihir. Ada pula yang menceritakan bahwa kurma ajwa ini ditanam oleh Nabi Muhammad SAW sendiri sekitar 14 abad yang lalu di halaman rumah beliau. Wallahu alam bishawab.
Karena penasaran dan atas referensi seorang kawan, saya  membeli kurma nabi ini pada bulan Ramadhan beberapa tahun lalu di sebuah toko perlengkapan haji di sekitar Jl. Dr Saharjo, Jakarta. Kurma ini merupakan jenis yang kering tetapi lembut di bagian dalamnya, rasanya pun tidak terlalu manis (menurut lidah saya), ukurannya lebih kecil dari kurma jenis lain, bentuknya agak bulat, dan warnanya pun hitam gelap dan kalau diperhatikan dari jarak dekat ada memiliki garis-garis putih yang cukup tegas di bagian ujung buahnya. Kurma jenis ini banyak ditanam dan dikembangkan di kota Madinah. Konon kurma ini juga berkhasiat sebagai obat bermacam-macam penyakit (baca postingan berikutnya di sini). Harga perkilonya pada saat itu (tahun 2008) kurang lebih Rp. 200.000,- (dua ratus ribu rupiah). Menurut gosip yang beredar, untuk harga bisa lebih murah kalau kita membelinya di sekitar Pasar Tanah Abang. Tetapi pada bulan Ramadhan, siapa yang sanggup berkeliling Tanah Abang, sudahlah panas, berdesakan-desakan pula, pastinya kita tidak akan mendapatkan kenyamanan. Bener gak?
Kurma Ajwa

Perhatikan garis-garis putih lembut yang cukup tegas di bagian ujung buahnya untuk membedakan kurma nabi (ajwa/agwa) ini dengan kurma jenis lain.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s