My Very 1st Europe Trip.

cropped-p10603391.jpg

I have no idea pas pertama kali mau jalan-jalan ke Eropa. Yang jelas udah gak mesti mikir gimana beli tiket pulang perginya dari dan ke Jakarta, dan mikir gimana susahnya apply visa, karena sudah ditanggung pihak yang mempekerjakan saya. Saat itu saya mendapat kerjaan untuk meng-organized awarding dinner sebuah provider telco di Wina dan Praha seperti di tulisan ini: https://ruswinar.wordpress.com/2013/08/21/from-vienna-to-prague/

Sambil mengurus segala keperluan kerjaan, terlintas “Kenapa gak extend sekalian ya, ke beberapa negara terdekat?” Abis kerja, dapet honor, dipake jalan-jalan deh. Kebetulan pacar (saat itu) …ehm… mendukung. Jadilah saya membulatkan tekad…hahaha.

Pertama-tama yang saya lakukan adalah mencari teman perjalanan. Kenapa? Karena gak berani lah, jalan-jalan sendirian di negeri orang, jauh pula. Seorang teman yang saya kenal di social media Multiply (sudah almarhum), Ayu namanya (yang almarhum multiply-nya ya, bukan Ayu-nya), berencana ke Eropa pada tanggal yang berdekatan dengan keberangkatan saya ke Wina. Ayu adalah orang Indonesia yang tinggal dan sekolah kemudian bekerja di London, UK. Mungkin ini memang sudah kehendak Tuhan Yang Maha Kuasa, segala sesuatu dimudahkan…tsah.

Kami melakukan komunikasi lewat YM dan inbox di Multiply waktu itu. Terus terang saat itu saya menyerahkan semua negara tujuan pada Ayu, saya ngikut aja. Udah bisa menginjakkan kaki sampai Eropa saja rasanya senang bukan main. Untuk tiket pesawat, kereta, dan booking hotel kami lakukan masing-masing via online dengan jadwal yang telah dibuat.

Negara tujuannya adalah: Venice, Milan (Italy), Berlin (Germany), dan Paris (France). Tiket kereta dari Praha ke Venice menggunakan EURAIL bisa dipesan online di http://www.eurail.com  (kunjungan ke Wina dengan segala “drama ketinggalan kereta” bisa di lihat di sinitiket pesawat Venice-Berlin-Paris menggunakan EasyJet di http://www.easyjet.com dan booking hotel di http://www.hostelbookers.com banyak pilihan dari penginapan murah sekelas hostel hingga hotel berbintang 5, lengkap dengan gambar-gambar kamar. Tetapi ada baiknya membaca referensi hotel/hostel yang akan dipilih di TripAdvisor, atau bertanya-tanya pada teman yang sudah pernah ke sana, lumayan membantu supaya dapat gambaran. Untuk pemesanan online syaratnya mudah, kamu hanya perlu punya kartu kredit dan mengikuti petunjuk yang diberikan, prosesnya pun sangat cepat.

Nah gimana, gampang bukan? Ayo, tunggu apalagi?

Penting:

  1. Tiket Eurail bisa dipesan online di sini: http://www.eurail.com , begitu juga dengan EasyJet . Harganya lumayan murah jika dibeli jauh hari sebelumnya.
  2. Kalau waktu kamu terbatas, naik pesawat bisa menjadi alternatif mengunjungi beberapa negara sekaligus dan harganya bisa lebih murah dibanding naik kereta.
  3. Ada banyak pilihan budget airline, selainEasyJet ada RyanAir, atau yang mempunyai rute antar negara-negara di Eropa (semacam airasia-nya Eropa)
  4. Hotel pun bisa dipesan online di beberapa web, selain hostelbookers.com, ada hosteworld.comhotels.com, easytobook.com, booking.com, Expedia, dan lain-lain.
  5. Untuk perbandingan harga hotel bisa di lihat di hotelscombined.com
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s