Suatu Sore Di Museum Nasional Jakarta.

Museum Nasional Jakarta

Mall lagi, mall lagi. Lagi lagi mall. Itulah yang biasa dilakukan oleh masyarakat Jakarta saat weekend pada umumnya. Kalau mau suasana lain kamu bisa berkreasi sendiri, seperti ke Ancol, Taman Mini, Ragunan, atau Kota Tua.

Weekend itu saya pengen jalan-jalan, cek-bebi-cek di internet (baca: twitter) ada keriaan apakah saat itu, nemu World Puppet Carnival. Lokasinya di beberapa tempat, yaitu di: Gedung Kautaman Pewayangan TMII, Gedung Teater Usmar Ismail, Museum Nasional (Gajah), dan teater outdoor Monumen Nasional. Saya memilih Museum Nasional yang transportasinya mudah dengan naik bus Trans Jakarta Koridor I, rute Blok M-Kota.

From Where I Stand.

From Where I Stand.

Pukul 15.00 WIB saya sampai. Ternyata jadwal pertunjukan tercepat adalah pukul 17.00 WIB. Akhirnya memutuskan untuk melihat-lihat koleksi museum sementara menunggu pertunjukan dimulai. Untuk melihat Puppet Carnival-nya sendiri tidak dipungut biaya, sementara untuk melihat koleksi museum, tiket masuknya Rp.5.000. Jam operasional museum hanya sampai pukul 16.00 WIB. Jadilah saya ngebut ke hampir semua ruangan. Kurang puas sih, kapan-kapan mau ke sana lagi.

Kamar persembahan untuk Dewi Sri yang biasa ada di rumah-rumah Jawa jaman dulu.

Di gedung lama ada: Arca, ruang miniatur rumah dan pakaian adat suku-suku di Indonesia, ruang keramik, dan di gedung baru ada Human Evolution dan Koleksi Emas. Khusus untuk ruang koleksi emas, di lantai paling atas, pengunjung dilarang mengambil gambar. Ruangannya pun sepertinya cukup secure dan nampak ada CCTV di beberapa sudut, tapi kok sampai kecurian ya…..entah lah…

Beritanya di sini: http://lipsus.kompas.com/topikpilihanlist/2706/1/pencurian.emas.di.museum.nasional

Beberapa lukisan karya pelukis Indonesia yang dipamerkan di World Puppet Carnival 2013

Pukul 17.00 WIB Musical Puppet dari Finland dengan lakon Visit of Marionettes dimulai. Pukul 18.00 WIB ada 2 pertunjukan di 2 hall yang berbeda. Saya memilih Musical Puppet dari Romania dengan lakon La La La Dracula dan melewatkan Musical Puppet dari Peru. Maksud hati ingin nonton ketiganya, apa daya harus memilih salah dua…hiks….

Kalau kamu bosan dengan mall lagi, mall lagi, rekreasi di museum bisa jadi alternatif. Yuk!

Advertisements

4 thoughts on “Suatu Sore Di Museum Nasional Jakarta.

    • Seneng banget kak, sayang udah mau tutup. Untung ada wayang show-nya. Itu barusan aku tambahin video wayang show dari Romania, yang nonton anak-anak kecil pada ketawa-ketawa :))

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s