Tips Jitu Jalan-Jalan Gratis. Siapa Mau?

Image

Sering banget dapet komen(tar): “Enak banget sih, jalan jalan terus, gratis pula!”

Saya sendiri lupa tepatnya kapan mulai hobi jalan-jalan. Rasanya dari kecil memang sudah hobi, meskipun sekedar jalan-jalan ke tetangga sebelah. Ayah yang sering dinas ke luar kota, sering membawa kami, anak-anaknya saat bertepatan dengan masa libur sekolah. Masih jelas dalam ingatan ketika Ayah dan Ibu membawa kami,  4 orang anaknya, berlibur ke Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta. Oh…how I miss that day…

Kembali ke jalan-jalan gratis. Berikut adalah tips jitunya:

1. Ikut Kuis atau Undian Berhadiah.

Ikut kuis pun perlu usaha loh. Kuis lewat facebook/twitter misalnya, untuk bisa ikutan kamu harus punya pulsa atau quota internet tentunya. Pulsa dan quota internet harus beli dulu dong ah…Kirim undian juga begitu, kamu harus kirim via pos pake apa? Iya betul, perangko. Perangkonya beli dulu kan ya…

2. Nulis Blog.

Kalau kamu hobi curhat, mending bikin blog. Kalau blog kamu bagus dan sering dikunjungi, kamu bakal dapat undangan untuk jalan-jalan suatu saat. Atau kamu bisa bergabung dengan komunitas blogger yang tersebar untuk bertukar informasi. Beberapa ajakan jalan-jalan kadang ada yang ditawarkan pada komunitas untuk mengkoordinir siapa aja yang bisa diajak. Tetep gak gratis loh ya, abis jalan-jalan, kamu punya kewajiban untuk nulis rangkuman perjalanan di blogmu. Ayo nge-blog mulai dari sekarang.

3. Aktif di Twitter.

Kamu paling tidak harus aktif dan berfollower banyak (baca: ribuan) dan yang paling penting adalah isi tweet kamu bisa mempengaruhi follower kamu untuk membeli barang/jasa yang ditawarkan. Misal: Kamu bisa ikut jalan-jalan apabila bisa mengumpulkan peserta tour sebanyak 20 orang. Jangan cuma keluh kesah aja isinya, yang ada kamu bakal di-unfollow berjamaah.

4. Tour Leader.

Untuk jadi tour leader ini paling tidak kamu harus sudah pernah ke satu daerah yang sama 3-5 kali, untuk memastikan kamu tidak nyasar-nyasar. Gak lucu dong ketika kamu bawa rombongan tur malah nyasar. Bisa-bisa diomelin peserta, apalagi kalau peserta tur-nya VIP semua…(lirik siapa yaaaa….) Siap-siap dititipin belanjaan para peserta VVIP tour ini deh ya…Pulang dari tour panggil mbok pijet langganan.

5. Manager/Asisten Artis.

Inget ya, manager dan asisten itu beda kasta. Manager tugasnya adalah nyari kerjaan buat si artis, sedangkan asisten biasanya adalah yang membantu artis menyiapkan keperluan seperti, makan, kostum, make up, dll.

6. Mengikuti program pertukaran pelajar.

Biasanya kamu harus jago berbahasa asing. Nah gimana supaya jago? Kursus dong. Kursus bahasa asing gak gratis juga kan…Modal atuh…

7. Duta Budaya.

Kamu harus jago menari atau punya keahlian memainkan alat musik tertentu, atau membatik, main angklung, atau apapun yang berhubungan dengan kesenian.

8. Brand/PR Agency

Kamu bisa bekerja di brand agency dan apabila berhasil mengumpulkan target dalam jumlah tertentu sudah pasti akan mendapat bonus jalan-jalan ke luar negeri. Atau akan dapat jatah rutin jalan-jalan atau annual meeting dari klien perusahaanmu. Seru kan

9. Wartawan.

Selain dapat jalan-jalan di lokasi-lokasi terkenal di dunia, kamu juga dapat kesempatan meliput ke daerah yang “tidak biasa” seperti daerah konflik/perang. Menantang ini!

10. Beasiswa.

Mesti rajin cari-cari info, selain menambah ilmu, kamu bisa jalan-jalan ke negara-negara terdekat saat libur.

11. PNS.

Jadilah PNS dan apabila beruntung, kamu akan dikirim sekolah ke luar negeri sebagai syarat untuk naik jabatan atau naik level (dikata main game). Kalau kamu kurang beruntung, coba lagi, lagi, dan lagi!

12. Pilot/Flight Attendant/Airline

Sekolah pilot dulu deh ya…atau ngelamar jadi flight attendant, kadang (kadang loh ya) pelatihannya sampai ke luar negeri.

13. Anggota DPR.

Yagitudeh……

14. Pakar IT.

Jadilah pakar IT sehingga sering diundang jadi pembicara atau sekedar peserta di forum internasional.

15. Punya Ortu Tajir Melintir.

Ini mah mau ke mana aja tinggal minta, bisa pakai private jet keliling dunia, kalau perlu nyetir pesawatnya sendiri, gimana gak puas coba? Tapi ya kalau salah milih pacar bakal resiko disuruh mutusin, pilihannya pacar atau tetep bisa keliling dunia secara gratis. Hayoloh…

Ada yang mau nambahin?

Jadi intinya tidak ada di dunia ini yang gratis. Semua perlu usaha dan perjuangan. Tetap semangat!

Advertisements

8 thoughts on “Tips Jitu Jalan-Jalan Gratis. Siapa Mau?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s