Cara Mendaftar JKN Untuk Wilayah Tangerang, Banten.

Apa itu JKN?

Penjelasan yang lebih panjang bisa dilihat di sini

Menurut pemahaman saya sebagai orang awam: JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) adalah jaminan kesehatan (semacam asuransi kesehatan) yang diperuntukkan bagi seluruh masyarakat Indonesia, baik karyawan, keluarga karyawan maupun non-karyawan dan keluarga non-karyawan yang mulai diberlakukan pada 1 Januari 2014. Penyelenggara program ini adalah BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan, sehingga program ini disebut juga dengan JKN-BPJS Kesehatan.

Semula program ini hanya untuk karyawan, keluarga karyawan, dan pegawai pemerintah saja. Saat ini semua orang, penduduk Indonesia baik karyawan, keluarga karyawan, pegawai pemerintah, maupun non-karyawan dan keluarga non-karyawan bisa mendaftar sebagai peserta JKN. SEMUA orang tanpa terkecuali. Paham ya? Paham.

Bagaimana Cara Mendaftar JKN?

Ada 2 cara untuk mendaftar sebagi peserta JKN:

1. Melalui online di: http://www.bpjs-kesehatan.go.id

2. Melalui Kantor BPJS Kesehatan (lokasi sesuai KTP): alamatnya bisa dicari di: sini

Keterangan 1: Melalui Online (berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri) 

1. Klik http://www.bpjs-kesehatan.go.id, yang akan muncul seperti gambar dibawah ini:

2014-02-07-00-08-33-1 (1)

2. Kemudian klik Layanan peserta, seperti ini:

2014-02-07-00-09-07-1 (1)

3. Selanjutnya klik Pendaftaran Peserta:

2014-02-07-00-09-54-1 (1)

4. Lalu klik Pendaftaran yang ada di kanan bawah:

2014-02-07-00-10-29-1

5. Isi kolom Identitas, lalu Pilih Pendaftaran Peserta Baru (isi dengan huruf KAPITAL):

2014-02-07-01-07-24-1

6. Pilih salah satu Kelas Perawatan: Ada 3 Pilihan; Kelas I, Kelas II, dan Kelas III

2014-02-07-00-17-14-1

Catatan:

6.1. Kelas perawatan ini menentukan jumlah iuran yang harus dibayarkan tiap bulan):

7. Kantor Cabang Pengambilan Kartu, diisi sesuai dengan tempat tinggal yang tertera di KTP kita. Karena KTP saya di Tangerang, Banten, maka akan muncul seperti ini:

2014-02-08-00-17-24-1

8. Klik kolom Alamat (Isi dengan huruf KAPITAL):

2014-02-07-00-14-09-1

Catatan:

8.1. Bagi WNA bisa mengisi kolom Khusus WNA)

9. Setelah semua terisi, masukkan kode di samping kiri, lalu klik simpan:

2014-02-08-00-19-56-1

10. Kita akan dapat email konfirmasi yang isinya: telah mendaftar atas nama (nama pendaftar). No. Registrasi Pendaftaran dan attachment Formulir yang sudah terisi data yang kita entri tersebut diatas :

2014-02-07-00-51-04-1

Catatan:

10.1. Apabila tidak ada di inbox, coba cek di spam folder.

10.2. Apabila sampai dengan 2 hari tidak mendapat email juga, lakukan proses pendaftaran kembali sesuai urutan diatas

10.3. Apabila ada notifikasi “ANDA SUDAH TERDAFTAR” tetapi belum mendapat email juga, bisa ditanyakan ke nomer hotline BPJS di 500400

11. Untuk melakukan pendaftaran atas nama anggota keluarga (yang masih dalam 1 KK; suami/isteri, anak, orang tua, dll), isi kolom Identitas dengan memilih Pendaftaran Anggota Keluarga berdasarkan No. Registrasi.

2014-02-06-23-29-52-1 (1)

12. Isi No. Registrasi sesuai dengan nomer yang kita dapat di dalam email konfirmasi. Selanjutnya isi seperti langkah-langkah diatas.

13. Formulir attachment yang ada di email di cetak untuk dibawa ke Kantor Cabang Pengambilan Kartu dengan membawa kelengkapan dokumen berupa: Fotocopy Kartu Tanda Penduduk, Foto Copy Kartu Keluarga, Foto Copy Surat Nikah (bila sudah menikah), Pasfoto berwarna 3×4 cm (2 lembar)

Catatan:

13.1. Ada beberapa kolom yang harus diisi secara manual, yaitu nama Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. Apabila kurang jelas dikosongkan terlebih dulu, nanti akan dibantu petugas BPJS untuk mengisi.

14. Mengambil nomer antrean di Kantor Cabang Pengambilan Kartu. (Kantor Cabang Tangerang ada 3 pilihan; tombol antrean A. untuk pendaftaran langsung; C. untuk antrean pendaftaran online)

Catatan:

14.1. Untuk Kantor Cabang Tangerang, loket pengumpulan formulir ada di lantai 2.

15. Saat mengumpulkan formulir akan dikonfirmasi kembali mengenai kelengkapan/kebenaran data dan fasilitas kesehatan tingkat pertama yang dipilih, selanjutnya kita akan dapat lembar virtual account berupa nomor dan sejumlah nilai uang yang harus dibayarkan sebagai iuran bulan ke-1. Pilihan bank adalah: BRI, Mandiri, BNI. Bisa melalui setor langsung maupun lewat ATM terdekat.

Catatan:

15.1. Ada 2 loket Bank, yaitu BRI Mobile (Mobil Bank BRI) yang ada persis di luar pagar Kantor Cabang Tangerang dan loket Bank Mandiri, ada di lantai 1, di sebelah counter informasi/pengambilan nomer. Dari pintu masuk ada di sebelah kiri. Loket bank-bank tersebut mulai buka pukul 10.00 WIB dan tutup pukul 16.00 WIB. Diatas jam itu bisa membayar melalui ATM.

16. Setelah melakukan pembayaran, form copy pembayaran dan form copy registrasi diserahkan ke loket Pencetakan Kartu.

17. Selesai. Kartu JKN siap digunakan.

Apabila ada yang belum jelas bisa klik User Manual Pendaftaran, seperti gambar dibawah ini:

2014-02-07-00-10-56-1

Keterangan 2: Melalui Kantor BPJS (melalui pengamatan saya sendiri selama menunggu giliran antre per tanggal 6 Februari 2014)

1. Siapkan: Kartu Tanda Penduduk (Asli dan Fotocopy), Foto Copy Kartu Keluarga, Foto Copy Surat Nikah (bila sudah  menikah), Pasfoto berwarna 3×4 cm (2 lembar)

2. Mengambil nomor antrean (bisa isi formulir dulu baru ambil nomor antrean)

Catatan:

2.2. Saat saya mendaftar per tanggal 6 Februari 2014 di Kantor Cabang Tangerang, antrean pendaftaran langsung ditutup sampai nomer 300 dan orang sudah mulai antre ambil nomer mulai pukul 04.00 WIB Subuh. GILA YA? IYA.

3. Isi Formulir Pendaftaran
4. Menyerahkan formulir (setelah dipanggil nomor antreannya), dilengkapi dengan Fotocopy Kartu Tanda Penduduk, Foto Copy Kartu Keluarga.
5. Kita akan dapat virtual account berupa nomor dan sejumlah nilai uang yang harus dibayarkan sebagai iuran bulan ke-1. Pilihan bank adalah: BRI, Mandiri, BNI. Bisa melalui setor langsung maupun lewat ATM terdekat.
6. Setelah melakukan pembayaran, form copy pembayaran dan form copy registrasi diserahkan ke loket Pencetakan Kartu
7. Selesai. Kartu JKN siap digunakan.
Catatan Saya:
1. Buat pekerja freelance (kaya saya gini) lumayan berguna ikutan daftar JKN. Gimana pun juga jaminan kesehatan itu penting BANGET. Sukur-sukur bisa beli asuransi kesehatan sendiri. Cuma memang ada beberapa asuransi dengan tanggungan terbatas, artinya hanya menanggung biaya dengan batas tertentu.
2. Untuk Karyawan/pekerja kantor bisa di cek kembali jaminan kesehatan yang dibayarkan oleh kantor/pemberi kerja sudah termasuk anggota keluarga atau belum. Apabila belum bisa mendaftarkan keluarga dalam program ini.
3. Lebih baik melakukan pendaftaran via online untuk menghindari antrean yang panjang dan lama di kantor cabang.
4. Tetapi proses online pun masih banyak kekurangan di sana-sini. Misal: masih ada data yang harus di input manual dan tetap di cetak di Kantor Cabang; seperti pilihan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama dan No. Virtual Account Anggota Keluarga (peserta tambahan)
5. Sering kali server error pada office hour untuk masuk ke www.bpjs-kesehatan.go.id
6. 1 nomer antrean hanya untuk 1 KK (pendaftar dan keluarga).
7. Pembayaran Bank, 1 Formulir hanya untuk 1 Peserta. Misal kalau Pendaftar dan anggota keluarga sebanyak 5 orang, maka harus mengisi formulir pembayaran sebanyak 5 lembar.
8. Kantor BPJS-Kesehatan Tangerang (tempat pengambilan kartu) ada 2: di Cikokol dan Serang.
9. Tahap pemakaian kartu JKN ini adalah sebagia berikut; apabila sakit, kita harus ke dokter di Fasilitas Kesehatan (Faskes) Tingkat Pertama dulu (Puskesmas/Klinik yang sudah kita pilih dan daftarkan dalam formulir pendaftaran). Baru apabila perlu penanganan lebih lanjut, maka akan dirujuk di Rumah Sakit terdekat (sesuai wilayah yang ada di KTP)
10. Dalam keadaan emergency, kartu JKN ini bisa digunakan di UGD/IGD Rumah Sakit mana pun. Misalnya kita sedang berada di luar kota, maka kartu JKN bisa digunakan di kota tersebut.
11. Saya sendiri belum pernah menggunakan fasilitas ini. Semoga berjalan dengan baik sih ya…yang penting kita mengikuti prosedur yang telah ditetapkan.
12. Sosialisasi pendaftaran online ini masih kurang tersampaikan secara luas di masyarakat. Apabila teman-teman tidak keberatan, mohon di share info dalam tulisan ini kepada teman-teman yang lain, atau untuk anggota keluarga yang lain.
13. Terakhir tetap selalu jaga kesehatan, terutama dengan lebih memperhatikan sehat, bersih atau tidak makanan dan minuman yang dikonsumsi. Pada dasarnya tidak ada orang yang mau sakit. Setuju?
Apabila ada tambahan informasi, silahkan meninggalkan pesan di kolom komentar. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Advertisements

18 thoughts on “Cara Mendaftar JKN Untuk Wilayah Tangerang, Banten.

  1. Mbak Wiwin,

    Di poin 7. Kantor Cabang Pengambilan Kartu, diisi sesuai dengan tempat tinggal yang tertera di KTP kita. Karena KTP saya di Tangerang, Banten, maka….

    Itu aturannya saklek begitu ya? Maksud saya, ini kan sistemnya sudah online, artinya data kita (applicants) pasti dikumpulin dan di-handle terpusat, terus kenapa ngambilnya musti sesuai dengan alamat KTP ya? DImana saja harusnya sama kan, karena data diakses dari kantor cabang manapun tentu sama.

    Entahlah, masih bingung dengan sistem yang ‘sesuai alamat KTP’.

    Like

    • Nah itu dia, masih banyak kekurangan di sana-sini, pada saat pengambilan kartu itu pun, kita masih harus ambil antrean untuk verifikasi data, data-data yang sudah di-input via online harus ditunjukkan aslinya di Kantor BPJS. Untuk Propinsi Banten sendiri hanya ada 2 kantor BPJS, di Cikokol dan Serang, padahal yang mau daftar bejibun.

      Like

  2. mau tanya..sy udah daftar tapi sy salah menulis faskes tingkat 1 yg saya tuju…yang saya tulis KLINIK YASA HUSADA disana klinik ini tidak termasuk. di BPJS di tulis KLINIK NAYAKA HUSADA klinik ni terlalu jauh buat saya…saya mau ganti jadi PUSKESMAS KETAPANG bisa tidak yah

    Like

  3. daftar online pun sering gak ada email konfirmasinya pdahal sudah d tunggu 1x24jam..
    sudah di cek d spam atau inbox gak ada email konfirmasi masuk,,
    telp ke nmr hotline 500400 disarankan datang langsung ke kantor cabangnya…
    kasian buat yg hari2nya kerja..

    Like

    • Betul. Saya pun mendaftar online harus input data beberapa kali sampai dapat email konfirmasinya. Mungkin karena sistemnya masih baru dan memang sering down/offline pada jam-jam tertentu. Dicoba terus saja sampai dapat email konfirmasi yaaa…

      Like

  4. jkn terbaru…aneh…masa sudah 10 x aku buat,,,,email ku ga salah ketik dibilang data berhasil.tapi email notifikasi anda gagal…..huuuuuuuu…apa yg salah????

    Like

  5. Jika domisili saya (sesuai alamat di KTP) di Tang-Sel sedangkan Faskes Tingkat I yang saya pilih di Jakarta Selatan, apakah bisa/boleh. Trm Ksh

    Like

  6. kapan berlakunya BPJS di Rs Hermina Serpong Tangsel? jgn cuma janji2 masih dalam proses emng brp lama prosesnya pak? trims

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s