Keliling Kota Semarang Dengan Trans Semarang (BRT)

Beberapa waktu yang lalu saat sedang berada di Semarang, saya menyempatkan diri untuk naik angkutan umum berupa BRT (Bus Rapid Transit) Trans Semarang. Senang juga makin banyak daerah yang mempunyai angkutan seperti ini, yang saya tau adalah: Jakarta, DIY, dan Semarang. Dengan angkutan umum model ini, kita bisa nyaman menaikinya dengan harga yang sangat terjangkau. Kamu bisa berkeliling-keliling Kota Semarang hanya dengan Rp.3.500,- selama kamu tidak keluar dari shelter.

BRT Trans Semarang ini mempunyai 2 Koridor, yaitu: Koridor I jurusan Mangkang-Penggaron ditandai dengan warna biru. Sedangkan Koridor II jurusan Terboyo-Sisemut (Ungaran) ditandai dengan warna merah. Untuk kedua koridor tersebut transit point atau interchange untuk pindah jurusan ada di shelter SMA 5 Semarang dan shelter Balai Kota Semarang.

Yang menarik adalah BRT Trans Semarang ini melewati Kota Lama di mana banyak berdiri bangunan-bangunan dengan arsitektur peninggalan kolonial Belanda, yang menjadi ikon Kota Semarang. Untuk ke sana caranya sangat mudah, kamu cukup naik Koridor II (jalur berwarna merah) ke arah Terminal Terboyo, dan turun di shelter Stasiun Tawang. Atau dari Koridor I (jalur berwarna biru) transit di shelter SMA 5 Semarang, berpindah ke Koridor II, turun di shelter Stasiun Tawang. Dari situ kamu sudah bisa langsung mengeksplor Kota Lama.

Pertama-tama kamu bisa mengunjungi Stasiun Tawang yang masih nampak megak dengan kubah besar di tengahnya. Di depannya terdapat Polder Air Tawang yang berfungsi sebagai pusat pengendali banjir dan penampungan air sebelum dialirkan ke laut. Di seberangnya terdapat Pabrik Rokok Praoe Lajar yang merupakan pabrik rokok indie yang beroperasi sejak jaman pemerintahan Belanda sampai sekarang. Bangunannya pun masih terawat sampai saat ini. Tidak jauh dari situ terdapat gedung Marabunta dengan ciri khas semut besar di kedua atapnya. Gedung ini dulunya merupakan gedung pertunjukan. Ada juga gedung Marba yang terdapat di salah satu sudut area Kota Lama ini dengan ciri khas warna merah marun di dinding luarnya. Dari situ sudah nampak Gereja Blenduk yang sudah berusia lebih dari 2,5 abad. Gereja yang memiliki nama asli Nederlandsch Indische Kerk ini masih digunakan sebagai tempat ibadah hingga kini dengan nama G.P.I.B. Immanuel. Di seberang Gereja Blenduk terdapat gedung kuno yang menjadi kantor asuransi Jiwasraya. Berjalan ke arah Barat kita akan menemui Jembatan MBerok yang dulunya merupakan salah satu pintu gerbang untuk masuk ke kawasan gedung-gedung “Belanda” ini. Masih ada banyak bangunan lain yang berada di Kota Lama Semarang ini antara lain: Kantor Pos PusatGedung PELNIDjakarta Lloyd, Gedung Bank Export Import Indonesia, PT. Perkebunan XV, Gedung Kantor Gabungan Koperasi Batik Indonesiadan juga Titik Nol Kota Semarang.

Gimana cukup mudah bukan? Turun dari shelter BRT Trans Semarang, kamu bisa jalan kaki untuk mengeksplor wilayah Kota Lama ini, atau bisa juga dengan naik (sewa) becak kalau takut kecapekan.

 

Notes: Gambar di Featured Image diambil dari sini

Image

Bisa keliling kota dengan murah, adem pun…

Image

Untuk Naik Trans Semarang, carilah shelter dengan tanda ini.
PS: Abaikan stiker gak penting/coretan-coretan di bawahnya.

Image

Peta jalur Trans Semarang ini ada di semua shelter BRT. Cukup mudah untuk dimengerti kan?
Kalau masih bingung atau ragu, bisa tanya langsung baik ke petugas di dalam shelter atau petugas di dalam bus, mereka cukup kooperatif.

Image

Baca Ketentuan ini dulu, supaya kamu tidak tertinggal atau terlewat dari jam operasional.

Trans Semarang. Gambar diambil dari sini

Trans Semarang Koridor I. Gambar diambil dari sini

Trans Semarang Koridor II. Gambar diambil dari sini

Trans Semarang Koridor II. Lebih kecil dari Koridor I
Gambar diambil dari sini

Advertisements

9 thoughts on “Keliling Kota Semarang Dengan Trans Semarang (BRT)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s