Daftar Negara Bebas Visa Untuk WNI

turkey-hagiasophia

gambar diambil dari sini

Machu Picchu, Peru.

Machu Picchu, Peru. (gambar diambil dari sini)

Marocco

Maroko (gambar diambil dari sini)

Image

Ephesus, Turki (gambar diambil dari sini)

HK4

Hong Kong

Macao

Apa sih yang paling gak enak kalau mau pergi jalan-jalan ke luar negeri? Ya betul, ribet urusan visa. Apalagi buat pemegang paspor Indonesia, sering banget permohonan visanya ditolak negara yang bersangkutan. Ada aja alasannya.

Tapi jangan sedih, ada beberapa negara yang tidak perlu visa untuk mengunjunginya kok. Dikutip dari whatanews.net, berikut ini adalah daftar negara bebas visa untuk WNI.

ASIA

  1. Malaysia: 30 hari
  2. Filipina: 30 hari
  3. Singapore: 30 hari
  4. Thailand: 30 hari
  5. Vietnam: 30 hari
  6. Kamboja: 30 hari
  7. Brunei: 14 hari
  8. Laos: 30 hari
  9. Macau: 30 hari
  10. Hongkong: 30 hari
  11. Maladewa: 30 hari
  12. Myanmar: 14 hari. (e-Visa 28 hari via Yangon, Nay Pyi Taw atau Mandalay Airport)
  13. Palestina

AFRIKA

  1. Gambia: 90 Hari
  2. Maroko: 3 Bulan
  3. Seychelles: 1 Bulan
  4. Transnistria

OCEANIA

  1. Cook Islands: 31 Hari
  2. Mikronesia: 30 Hari
  3. Samoa: 30 Hari
  4. Fiji: 4 Bulan
  5. Niue: 30 hari

AMERIKA

  1. Bermuda: 6 Bulan
  2. Chile: 90 Hari
  3. Kolombia: 90 Hari
  4. Dominika: 21 Hari
  5. Ekuador: 90 Hari
  6. Haiti: 3 Bulan
  7. Peru: 183 Hari
  8. Saint Vincent & the Grenadines: 1 Bulan

EROPA

  1. South Ossetia
  2. Northern Cyprus

VOA. Selain negara bebas visa, kamu juga diberi kemudahan dengan akses visa on arrival (VoA) dari negara-negara berikut:

ASIA

  1. Timor Leste: 30 hari
  2. India: 30 hari
  3. Iran: 2 minggu
  4. Yordania: 1 bulan
  5. Kyrgyzstan: 30 hari
  6. Nepal: 90 hari
  7. Oman: 1 bulan
  8. Sri Lanka: 30 hari
  9. Tajikistan: 45 hari

AMERIKA

  1. Nikaragua: 90 hari
  2. Montserrat: 90 hari

OCEANIA

  1. Palau: 30 hari
  2. Papua New Guinea: 60 hari
  3. Tuvalu: 1 bulan

AFRIKA

  1. Burundi: 1 bulan
  2. Comoros: 90 hari
  3. Djibouti: 1 bulan
  4. Ethiopia
  5. Guinea-bissau: 90 hari
  6. Kenya: 3 bulan
  7. Madagaskar: 30 hari
  8. Mozambik: 30 hari
  9. Zimbabwe: 3 bulan
  10. Tanzania

EROPA

  1. Armenia: 120 hari
  2. Georgia: 30 hari
  3. Turki: 30 hari

UPDATE AS PER 2015

e-Visa. Saat ini juga berlaku e-Visa yang proses pembuatannya nggak harus ke kedutaan, tapi cukup dengan menginput data secara online. Berlaku untuk negara-negara berikut.

  1. TURKEY: 1 bulan
  2. BAHRAIN:  from October 2014
  3. INDIA: e-Tourist Visa – 30 hari
  4. JAPAN: e-Pasport – 15 hari
  5. COTE D’LVOIRE: harus dari Port Bouet Airport
  6. GEORGIA: 90 hari
  7. MOLDOVA
  8. RWANDA
  9. SAINT KITTS AND NEVIS
  10. SAO TOME AND PRINCIPE
  11. SENEGAL
  12. ZAMBIA

Jadi sekarang sudah tau mau liburan ke mana? Keleluasaan negara bebas visa, visa on arrival, dan e-Visa ini tentunya akan membuat cap paspor kamu tambah banyak dong ya…

Mari berlibur…

Advertisements

2 thoughts on “Daftar Negara Bebas Visa Untuk WNI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s