Mendapat Kejutan Di Milan. San Siro!

Dari Pisa rombongan tur kami melanjutkan perjalanan menuju Milan. Karena ini rombongan tur, tidak sah rasanya kalo tidak berwisata belanja. Rombongan kami meluangkan waktu berbelanja di salah satu designer outlet terbesar di Italy yaitu Serravalle. Ada banyak brand-brand ternama yang ada di sana, tidak hanya brand dari Italy saja, brand ternama dari Eropa dan Amerika pun ada di sana, seperti: Prada, Furla, Bvlgari, Versace, Roberto Cavalli, Burberry, Hugo Boss, Michael Kors, Guess, Gucci, Calvin Klein, D&G, Salvatore Ferragamo, dll. Surga bagi para penggila belanja, tidak hanya untuk perempuan tetapi juga para pria karena ada Ferrari outlet dan juga Bose. Hampir seharian kami di sana, sampai-sampai bagasi bus penuh dengan hasil belanjaan peserta tur ini. Khusus untuk beberapa designer outlet di Italy ini akan ditulis di postingan terpisah ya…

Sesampainya di Milan karena sudah malam, kami langsung menuju hotel. Keesokan harinya baru lah kami melakukan city tour. Pagi itu kami mendapat kejutan dari pihak penyelenggara tur, kami akan dibawa tur ke dalam San Siro Stadium. Yay! Peserta tur terutama para pria kegirangan karena jadwal tur ini tidak ada di dalam itenarary.

Kami bersiap berangkat ke San Siro dengan udara yang cukup dingin, karena memang sedang musimnya hampir masuk ke Winter. San Siro ini merupakan stadium yang digunakan baik oleh AC Milan dan Inter Milan. Di sana memang disediakan stadium tur untuk para wisatawan, lengkap dengan museum dan stadium store. Turnya pun terorganisir dengan baik, dimana kami dibagi per 15-20 orang dengan 1 orang tour guide dari stadium. 

Pertama-tama kami masuk ke bagian bangku penonton, sebelumnya tour guide menjelaskan mengenai apa saja yang tidak boleh dan diperbolehkan selama tur berlangsung. Baru setelah itu memulai tur dengan menjelaskan mengenai sejarah lapangan, mengenai pembangunan dan perawatan stadium seperti apa, menjelaskan juga arti warna tempat duduk penonton, yang terdiri dari hijau, merah, biru dan putih, termasuk menjelaskan kursi VIP ada di mana. Di setiap bagian penjelasan, tour guide akan menanyakan apabila ada yang hendak bertanya, suasananya sudah persis dengan kunjungan outing anak sekolah…hahaha….dan di sini tidak boleh foto-foto sebelum tour guide selesai memberikan penjelasan. Tertib banget. Di akhir bagian kunjungan lapangan ini kami diberi waktu untuk foto-foto sepuasnya. Oh iya, satu lagi, tur ini melarang peserta untuk masuk ke dalam lapangan berumput. Pengelola stadium memang mempertahankan rumput supaya selalu terawat dan menghindari kerusakan. Saat itu di bagian rumput yang kurang terawat sedang dilakukan perawatan/perbaikan.

Dari lapangan kami menuju ke Media Room/Press Room, tempat di mana diadakan temu media setiap akan diadakan pertandingan. Setelah itu kami masuk ke ruangan milik Inter Milan. Di sini ada tempat bersantai lengkap dengan TV, ruang ganti pakaian, shower untuk mandi. Tempat duduk dan ruang ganti juga telah diberi nama sesuai dengan nama-nama para pemain club sepak bola ini. Baru setelah itu kami dibawa ke bagian AC Milan yang kurang lebih ruangan-ruangannya sama: ruang ganti, shower, bahkan ada ruangan khusus untuk massage. Sama seperti di ruang Inter Milan, ruang ganti dan tempat duduk telah diberi nama masing-masing pemain. Kami diperbolehkan untuk mencoba tempat tidur massage ini, saya pun menggunakan kesempatan ini untuk gegoleran…hahaha…

Setelah puas berkeliling di dalam stadium kami menuju museum untuk melihat koleksi bersejarah dari para pemain baik AC Milan maupun Inter Milan. Dan terakhir yang ditunggu-tunggu para peserta tur yaitu stadium store, dimana kami bisa berbelanja pernak-pernik dari stadium dan membeli jersey dengan nama/nomor pemain bahkan bisa memesan jersey dengan cetakan nama kita. Di store ini adalah bagian terlama dari waktu tur karena semua peserta mengantre untuk membeli merchandise. Oh iya, untuk membeli jersey harus sedikit teliti karena kamu akan menemukan jersey yang made in Indonesia. Meskipun di sini merupakan official store atau toko resmi, pembuatan jersey biasanya memang kebanyakan dari Asia, seperti: Indonesia, Vietnam, India, China, dll. Gak lucu kan kamu sudah jauh-jauah sampai Italy dan panjang-panjang mengantre, dapatnya jersey made in Indonesia….hahaha…Tapi gak apa-apa juga, karena meskipun made in Indonesia, barang-barang tersebut tidak akan ditemukan di Indonesia.

Dari San Siro rombongan tur melanjutkan perjalanan city tour kali ini ke Milan Castle dan diberi waktu bebas untuk berkeliling sendiri sampai malam dan berkumpul di tempat ini lagi saat makan malam. Karena pada kunjungan ke Milan sebelumnya saya sudah pernah masuk ke dalam Castle Milan ini, maka saya dan beberapa orang teman langsung menuju Piazza del Duomo dan melanjutkan ke Via MonteNapoleon yang terkenal sebagai shopping avenue dari butik-butik ternama di Milan yang letaknya tidak jauh dari Piazza Duomo.

Senangnya hari itu, karena setelah mengunjungi Manchester dan Emirates Stadium di Inggris seperti dalam tulisan Antara Manchester, London, dan Sepak Bola ini, saya pun berkesempatan mengunjungi San Siro pada kunjungan ke Milan kali ini. Kunjungan Pertama ke Milan 

Milan2

San Siro Stadium.

Milan1

Pintu masuk stadium.

Milan5

Di salam stadium San Siro.

Milan4

Nyobain tempat duduk VIP

Milan6

Media/Press Room

Milan8

Ruang Ganti Inter Milan

Milan7

Gambar seperti ini ada dinding ruang ganti Inter Milan

Milan9

Numpang mandi dulu, bro…

Milan10

Berpindah ke ruang ganti AC Milan

Milan11

Massage Room dilengkapi curtain, takut ada yang ngintip…

Milan12

Di dalam Museum San Siro

Milan13 Milan14 Milan15 Milan17 Milan18

Milan19

Milan Castle

Milan20

Piazza del Duomo

Milan21

Bersama teman-teman, ciaobella…

Advertisements

3 thoughts on “Mendapat Kejutan Di Milan. San Siro!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s