Naik Gondola di Venice.

Berbeda dengan saat ke Venice tahun sebelumnya seperti dalam tulisan ini: Pengen Nangis di Venice yang hanya bisa memandang pasangan-pasangan romantis bergondola-ria, kali ke-2 ke Venice ini dapat kesempatan untuk naik gondola. Oh, gak hanya gondola aja, tapi juga bisa ngerasain (water) taxi juga. Yay!

Berkunjung ke Venice (laguna) ini sangat menyenangkan karena keunikannya. Di mana water transport menjadi transportasi utama. Karena di mana lagi bisa ditemukan di dunia ini sebuah tempat yang untuk berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain dengan jarak dekat dalam kota menggunakan water bus? Menurut saya, Venice merupakan salah satu tempat yang harus (wajib) dikunjungi before you die! Because it’s so unique.

Ada 4 macam water transport di Venice, yaitu:

1. Vaporetto (water bus)

Selayaknya bus, Vaporetto ini berhenti di beberapa (semacam) bus stop di sepanjang jalur antara Piazzale Roma dan Grand Canal. Piazzale Roma sendiri merupakan titik jalur darat terakhir di Venice mainland untuk kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan water transport.

2. Water Taxi.

Kamu bisa naik water taksi dengan tujuan ke mana saja yang kamu inginkan. Biasanya water taksi ini bisa menampung sekitar 5-8 penumpang.

3. Gondola.

Gondola merupakan salah satu transportasi yang cukup populer dan must try di Venice, meskipun tarifnya tidak murah ya. Kenapa? Karena dengan naik Gondola ini, kamu bisa menikmati keindahan Venice sesungguhnya yang tidak kamu dapatkan ketika kamu naik public transport. Untuk naik gondola ini tarifnya ditentukan dengan cara tawar-menawar, jadi pandai-pandai lah menawar semurah mungkin. Rata-rata sekitar Eur100 untuk 15 menit perjalanan. Meskipun banyak yang menikmati gondola ini adalah pasangan-pasangan yang ingin berdua-duaan, tetapi jangan salah gondola ini bisa dinaiki oleh maksimal 4 orang, jadi kalo kamu merasa tidak perlu ber-romantis-romantis ria dan tetap ingin menikmati gondola rides, kamu bisa share dengan 3 orang kawanmu yang lain. Atau kamu juga bisa share dengan orang asing yang kamu temui di sekitar yang ingin naik gondola dan mencari teman untuk share. Jangan khawatir karena ada banyak (solo) traveller yang mencari teman share untuk menikmati gondola rides yang hanya bisa dinikmati di Venice ini.

4. Traghetto.

Traghetto adalah gondola ferry yang menghubungkan antara kanal-kanal (pendek) tertentu. Semacam gondola (hanya) untuk menyeberang gitu deh.

Kali ini karena pergi dengan rombongan tur, kami hanya sehari di Venice, karena kami menginap di Mestre (Venice mainland). Pagi itu kami naik water taxi menuju Piazza San Marco, kemudian naik gondola, melihat pembuatan kerajinan tangan khas Venice, Murano glass.

Untuk cerita lain di Venice kamu bisa ke sini yaaa….: Pengen Nangis di Venice

Siap naik (water) taksi

Venice water taxi menuju Piazza San Marco

Inside water taxi

Dalemnya water taksi kaya gini…

Berempat

Bisa berempat naik gondola. Horeeeee! Eh…terus yang motretin siapa itu ya? apa ber-5 ya? lupa…

Gondola Rides

yang di belakang kaya jembatan itu Rialto Bridge, salah satu jembatan yang sangat terkenal di Venice. Di situ terdapat deretan butik-butik ternama dunia.

Gang Sempit

Salah satu keuntungan naik gondola, kamu bisa melewati semacam gang-gang kecil seperti ini. Kalau beruntung dapet gondola driver yang menghibur , bawain gondola sambil nyanyi dan nari! Asik kan…

Piazza San Marco

Piazza San Marco

Piazza San Marco

Bell Tower di Piazza San Marco

Top-10-City-Boat-Voyages

Vaporetto. (gambar diambil dari sini)

06.TraghettoVenice-BRJFT0-1680x1050

Traghetto. (gambar diambil dari sini)

 

 

Advertisements

5 thoughts on “Naik Gondola di Venice.

    • Gak jorok sih, cuma kalo nelusurin gang-gang pake gondola berasa kaya lembab gitu. Tapi justru itu yg bikin beda. Kalo udah sampe Italia harus dapet dua-duanya sih menurutku. Venice iya, Florence pun harus! :):):)

      Like

    • Mungkin kalo unruk romantis-romantisan, dua-duanya romantis kok. Kalo buat saya sih, kalo udah sampe sana mesti keliling sekalian….hahahaha…saya pilih Italy karena bisa sekalian ke beberapa negara yang saling berdekatan, ada Rome, Milan, Florence, Napoli, atau yang kalo pas Summer bisa ke Cinque Terre.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s